fb
Home    Artikel

Baiknya Liburan di Musim Apa? Tips merencanakan liburan di negara 4 musim.
07-06-2017 15:53
  
hana

Sebagai negara tropis Indonesia hanya memiliki 2 musim yaitu musim panas dan musim panasss banget. Hal ini tentu saja menjadi salah satu pertimbangan untuk kita merencanakan mau liburan kemana dan saat musim apa? Nah untuk itu sebelum anda memutuskan untuk liburan kemana dan di musim apa, saya ingin sharing-sharing tips sedikit. Cekidot!!

Musim Dingin (Winter)
Musim dingin berlangsung dari bulan November hingga bulan Februari. Suhu di musim dingin berkisar antara 5ºC s/d minus 45ºC. Denger-denger katanya di Greenland sana kalau musim dingin suhu bisa menembus minus 50ºC. Wassalam. Liburan di musim dingin ada enak dan tidak enaknya. Mau yang enaknya dulu atau yang ga enaknya dulu, nih?? Yaudah yang enaknya dulu deh yaa, biar pepatah 'habis manis sepah dibuang' itu berlaku #EehMaaf.

Foto saat Winter di Great Wall - China, Bermandikan salju. :P

Enaknya : 

  1. Di musim dingin biasanya turun salju. Salju bagi sebagian besar warga yang tinggal di iklim tropis adalah salah satu mujizat, maka tak jarang orang Indonesia ini norak kalau salju mulai turun. Hahhahaha. Bahkan saya juga sering melihat di timeline saya ada orang yang sampai rela berfoto buka baju sambil guling-guling di salju, atau sarungan doang ditengah badai salju. Suka-suka abang lah yaaa -____-
  2. Di musim dingin biasanya raut wajah lebih cerah. Ini bukan perasaan saya saja, tapi memang kenyataannya begitu. Ga tau kenapa laugh
  3. Di musim dingin pulalah kita bisa memamerkan outfit-outfit ketce. Sepatu boots, syal, jaket winter, kupluk bulu domba, dll. 
  4. Di musim dingin kita bisa nyobain olahraga-olahraga yang ga ada di Indonesia, seperti : ice skating, ski, main gerobak-gerobakan sama anjing kutub, dll 
  5. Di musim dingin biasanya banyak diskonan (sale), harga tiket pesawat lebih murah, begitu pula harga penginapan. Kecuali saat natal & tahun baru yaaa, meskipun natal & tahun baru jatuh saat musim dingin tetap saja mahal karena peak season wink

Duapao

Tiduran di Salju, Ojo Ditiru

Narsis dari Segala Penjuru, masih keliatan bagus :P

Naahh sekarang bagian ga enaknya. Menurut saya sih lebih banyak bagian ga enaknya dari pada bagian yang enaknya. Hahahhaha. Karena kebetulan saya tidak terlalu suka berlibur saat musim dingin. 

  1. Barang-barang bawaan saat liburan di musim dingin jelas lebih banyak dari pada saat summer. Jaket, syal, sepatu, sarung tangan, long john, thermal, dan lain-lain adalah perlengkapan yang wajib disiapkan. Tentu saja perlengkapan tersebut memakan tempat yang tidak sedikit di koper. Penambahan bagasi untuk teman-teman yang memilih penerbangan low cost carrier wajib hukumnya. Selain barang bawaan yang lebih banyak, juga harus menyiapkan tenaga ekstra untuk geret-geret koper pindah stasiun atau terminal laugh
  2. Percayalah, salju itu hanya indah saat baru turun dan kalau dilihat di TV. Kenyataannya ga semenarik itu frown
  3. Berlibur di musim dingin perlu persiapan ekstra, terutama fisik. Saat winter biasanya pergerakan tubuh menjadi lambat, malas keluar penginapan, gampang lelah, dan mudah emosi. 
  4. Pengeluaran/budget yang harus disiapkan di musim dingin juga lebih banyak. Apalagi kalau bukan untuk urusan perut yang selalu lapar sepanjang masa. Lapar - ngantuk - tidur - jalan bentar - lapar lagi, siklus ini berulang-ulang terus menerus.
  5. Saya ga suka musim dingin, karena gampang beler (flu), dan tentu saja flu sangat menyiksa.
  6. Saat musim dingin jalanan menjadi licin karena es dan sering kali akses menuju suatu tempat terpaksa ditutup karena tertimbun salju.Dan banyak lagi hal-hal ga enaknya. Hahahhaha.

Musim Semi (Spring)

Musim semi (spring) jatuh pada bulan Maret - Mei. Suhu berkisar antara 12ºC s/d 25ºC. Ehh tapi dampak global warming ini membuat musim jadi ga menentu, khususnya di negara-negara Eropa sana, saat spring juga kadang masih dingin banget bahkan kadang masih turun salju. Spring dan autumn adalah musim favorit saya. Enak & ga enaknya liburan di musim semi

Spring di Kashmir, Es abadi diatas gunung terlihat begitu indah

Enaknya :

  1. Suhu mulai agak hangat (eh tapi kalau awal-awal musim semi sering turun hujan yang dingin banget jadi ada baiknya kalian ngecek prakiraan cuaca dulu sebelum memutuskan berlibur). 
  2. Bunga-bunga mulai bermekaran dan warnanya cantiiiiikkk banget. Suasana hati juga lebih sumringah, juga wajah lebih bersinar. 
  3. Bisa piknik dibawah pohon ala-ala.

Ga enaknya : 

  1. Ga adaaa.. Enak semua. Hahhahaha. 

Musim Panas (Summer)

Musim panas berlangsung antara bulan Juni s/d Agustus. Untuk kita warga Indonesia sepertinya liburan di musim panas tidak terlalu menarik, karena ga ada bedanya dengan di Indonesia. Setiap hari disini kita sudah kepanasan, ga usah jauh-jauh ke negara orang untuk panas-panasan lagi.. Jadi ga perlu saya jelaskan suka dukanya liburan di musim panas yaa. Hahahhaha. Ehh by the way serunya liburan dimusim panas adalah banyak festival-festival atau perayaan-perayaan. Jadi bisa berbaur dengan warga lokal heart Biasanya saat musim panas hotel-hotel suka fully booked, jd sebelum berangkat usahakan kalian sudah memesan hotel/penginapan terlebih dahulu. 

Musim Gugur (Autumn)

Musim gugur ini juga salah satu favorit saya. Suhu di musim gugur sekitar 15ºC - 25ºC, berlangsung antara bulan September s/d Oktober atau november awal. Hampir sama dengan musim semi, musim gugur ini juga hampir enak semua. Cuacanya hangat, daun-daun berguguran, warnanya juga berubah, cantiiiikk bangeett..

Autumn Di Jepang

Autumn di Amerika

Naaah, sekarang kalian udah bisa mutuskan mau berlibur dibulan apa kan?? Selamat berlibur semuanya ^_^ 

Label
|
loading